ANALISIS KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT KEPADA PASIEN RAWAT JALAN DI RSU KUMALA SIWI MIJEN KUDUS

Bagus Fajar Putranto, Puri Kusuma Dwi Putri

Abstract


Pentingnya komunikasi terapeutik sangat ditekankan dalam peran seorang perawat saat memberikan pelayanan kesehatan kepada pasien. Komunikasi terapeutik dapat membantu pasien mengatasi stres, kecemasan, dan rasa takut yang seringkali muncul. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan komunikasi terapeutik perawat kepada pasien rawat jalan di RSU Kumala Siwi Mijen Kudus. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah perawat pada Instalasi Gawat Darurat (IGD) dan pasien atau keluarga pasien rawat jalan. Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam kepada perawat IGD dan pasien atau keluarga pasien rawat jalan. Teknik analisa dan interpretasi data menggunakan metode Miles and Huberman. Teknik penarikan kesimpulan menggunakan metode triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktik komunikasi terapeutik perawat kepada pasien rawat jalan di RSU Kumala Siwi Mijen Kudus telah diterapkan sesuai dengan standar. Namun, ditemukan beberapa kejadian yang menunjukkan bahwa penerapan komunikasi terapeutik perawat kepada pasien rawat jalan masih memiliki kekurangan. Kekurangan tersebut mencakup penggunaan kata-kata yang kurang sopan, intonasi suara yang tinggi, ekspresi wajah yang tidak menyenangkan, dan sikap tubuh yang kurang sesuai. Maka, penelitian ini mencatat bahwa meskipun terdapat kekurangan dalam praktik komunikasi terapeutik, hal ini tidak memengaruhi jumlah kunjungan pasien rawat jalan IGD tahun 2022 hingga 2023.


Keywords


Instalasi Gawat Darurat; Komunikasi Terapeutik; Perawat.

Full Text:

PDF

References


Alfansyur, A., & Mariyani. (2020). Seni Mengelola Data: Penerapan Triangulasi Teknik, Sumber dan Waktu pada Penelitian Pendidikan Sosial. HISTORIS: Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(2), 146–150.

https://doi.org/https://doi.org/10.31764/historis.v5i2.3432

Ananta, G. P., & Dirdjo, M. M. (2021). Hubungan Antara Beban Kerja Dengan Kinerja Perawat di Rumah Sakit: Suatu Literature Review. Borneo Student Research, 2(2), 928–933. https://doi.org/2721-5725

Hapsari, S. A., Pratiwi, M. R., Albab, C. U., Rosalia, N., Suhito, H. P., & R, D. L. (2023). Pelatihan Produksi Konten Komunikasi Kesehatan Untuk Media Sosial Bagi Pegawai Puskesmas Se Kota Semarang. Jurnal Pengabdian Kepada

Masyarakat, 6(2), 184–190. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36257/apts.vxix

Heryana, A., Mahadewi, E. P., & Buwana, T. (2020). Studi Beban Kerja Perawat IGD Puskesmas Kecamatan Kalideres Jakarta Barat Menggunakan Metode Work Sampling. Indonesian Journal of Nursing Health Science, 5(2), 86–93.

https://doi.org/https://doi.org/10.47007/ijnhs.v5i2.3118

Latifah, K. (2023). Implementasi Komunikasi Terapeutik Terhadap Pasien Rawat Inap di RSUD Banyumas [Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri]. chrome-extension://efaidnbmnnnibpcajpcglclefindmkaj/https://eprints.uinsaizu.ac.id/19129/1/KHUSNI LATIFAH_IMPLEMENTASI KOMUNIKASI TERAPEUTIK TERHADAP PASIEN RAWAT INAP DI RSUD BANYUMAS..pdf

Mantika, E., Susilowati, Y., & Saputra, R. (2023). Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Terhadap tingkat Kecemasan Pasien Pre Operatif di Rumah Sakit Kanker Dharmais. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(6),

–3954. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/innovative.v3i6.6583

Mongi, T. O. (2020). Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Jalan Rumah Sakit GMIM Kalooran Amurang. Jurnal Ilmiah Kesehatan Diagnosis, 15(3), 263–269.

https://doi.org/2302-2531

Nasir, A., & Purnomo, E. (2019). Pengaruh Penerapan Kode Etik Keperawatan Terhadap Pelayanan Keperawatan. Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 9(4), 335–342. https://doi.org/2549-8134

Pahleviannur, M. R., Grave, A. De, Saputra, D. N., Mardianto, D., Sinthania, D., Hafrida, L., Bano, V. O., Susanto, E. E., Mahardhani, A. J., Amruddin, Alam, M. D. S., Lisya, M., & Ahyar, D. B. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif (M. P.

Dr. Fatma Sukmawati (ed.); 1st ed., Vol. 1). Penerbit Pradina Pustaka. http://eprints.umpo.ac.id/5806/

Puspanegara, A., Wulan, N., & Putri, C. R. (2023). Hubungan Peran Perawat Manajer Dengan Etika Perawat Pelaksana Dalam Pelayanan Asuhan Keperawatan di Ruang Rawat Inap RSU Kuningan Medical Center. Journal of Public

Health Innovation (JPHI), 3(2), 115–121. https://doi.org/10.34305/jphi.v3i02.688

Rahmiati, & Temesvari, N. A. (2020). Hubungan Dimensi Kualitas Pelayanan Dengan Minat Kunjungan Ulang Pasien di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Kabupaten Tangerang Tahun 2019. Jurnal Kesehatan, 13(1), 13–21.

https://doi.org/https://doi.org/10.23917/jk.v13i1.11097




DOI: https://doi.org/10.24167/jkm.v4i2.11692

Refbacks





e-ISSN : 2746-8364 | View My Stats