Pengaruh Emosi dan Lokasi terhadap Kepuasan Pelanggan Indomaret Di Yogyakarta

Thomas Aquinas Radit0, Rizky Teddy Rakhmawan, Meniek Srining Prapti

Abstract


This investigation looked at how location and emotion impacted customer satisfaction at Indomaret in Yogyakarta. 250 respondents made up the sample for this study, and they can be identified by visited Indomaret outlet type, reason for visiting, number of trips to Indomaret in the past month, relationship status, gender, age, employment, and monthly salary. It was used primary survey data, processed and analyzed by multiple regression. The results of the analysis demonstrated that, location and emotions have a significant impact on Indomaret's customer happiness.  The location variable and emotion variable both had positive and significant impact on customer satisfaction.

Keywords


emotions, location, customer satisfaction

References


Ahmad, S. H., & Farida, I. (2014). e-Jurnal Universitas Dian Nuswantor Semarang. Pengaruh Peelayanan, Promosi dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Toko Joko Elektronikdi Pati.

Bailia, J. F., Soegot, A. S., & Loindong, S. S. (2014). Jurnal EMBA. Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Warung-Warung Makan Lamongan di Kota Manado.

Bimartha, P. A., & Aksari, N. M. (2019). E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana. Peran Nilai Emosional dalam Memediasi Pengaruh Persepsi Kualitas Terhadap Niat Belii .

Fadhli, K., & Pratiwi, N. D. (2021). Jurna Inovasi Penelitian. Pengaruh Digital Marketing, Kualitas Produk, dan Emosional Terhadap Kepuasan Konsumen Poskopi Zio Jombang.

Farid, A. S. (2014). Jurnal UDiNus Repsitory. Pengaruh Pelayanan, Promosi dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Toko Joko Elektronik Di Pati.

Fauji, R., & Faddila, S. P. (2020). Jurnal Manajemen dan Bisnis Kreatif. Pengaruh Kualitas Peayanan dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian pada Johar Futsal Karawang.

Firdiyansyah, I. (2017). Jurnal Elektronik Rekaman Seklah Tinggi Ilmu Ekonomi Galileo. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Warung Gubrak Kepri Mall Kota Batam.

Frontier. (2022). https://www.topbrand-award.com/. Retrieved Februari 8, 2023, from https://www.topbrand-award.com/komparasi_brand/bandingkan? id_award=1&id_kategori=6&id_subkategori=533&tahun_awal=2018&tahun_akhir=2022&brand1=Alfamart&brand2=Indomaret: https://www. topbrand-award.com/komparasi_brand/bandingkan?id_award=1&id_ kate gori=6&id_subkategori=533&tahun_awal=2018&tahun_akhir=2022&brand1=Alfamart&brand2=Indomaret.

Gery, M. H. (2018). Menara Ilmu. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lokasi dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen The Aliga Hotel Padang.

Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2016). Multivariate Data Analysis. Pearson Education.

Haromain, I., & Suprihhadi, H. (2016). Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Pengaruh Kualitas Layanan, Harga, dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan di Ahass Z618.

Istiqo. M, C., & Poernomo, E. (2017). Jurnal Bisnis Indonesia. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Faktor Emosional Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Hotel The Sun Sidoarjo.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2005). Principles Of Marketing (Vol. 11th Edition). Prentice Hall.

Kusuma, R. W. (2015). Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Fasilitas dan Emosional Terhadap Kepuasan Pelanggan.

Lestari, I. (2019). Skripsi Program Sarjana Fakultas Eknmi Universitas Semarang. Analisis Pengaruh Faktor Emosional, Kemudahan, Lokasi dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Mc Donald Store Pandanaran).

Nelisa, G. (2018). Thesis STKIP PGRI Sumatera Barat. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Fasilitas dan Emosional Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Angkutan PO. Lubuk Basung Express di Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam.

Prihatin, Y. T., Mursito, B., & Wijayanti, A. (2018). Indonesian Economics Business and Management Research. Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Faktor Emosi Terhadap Kepuasan Pelanggan di UD Toko Pelangi Surakarta.

Putranto, A. T. (2019). Jurnal Disrupsi Bisnis. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Penetapan Harga dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Convenience Store 7-Eleven.

Rini, E. S., & Absah, Y. (2015). Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis. Analisis Penciptaan Loyalitas Melalui Pengaruh Penerapan Strategi Pemasaran Rasional, Emosional, dan Spiritual Terhadap Kepuasan Nasabah PT. Bank Sumut Syariah Cabang Utama Medan.

Ritonaga, H. M., & Pane, D. N. (2020). Jurnal Manajemen Tools. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Emosional Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Honda Idk 2 Medan.

Saradisa, C. N. (2015). Jurnal Imu dan Riset Manajemen. Pengaruh Harga, Promosi, Kualitas Pelayanan, dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan.

Sari, R., Nurmadiansyah, M. T., & Gunawan, A. (2020). Jurnal MD. Pengaruh Emosional dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Bisnis Kuliner: Studi Pada Warunk Kopi Platt Monkull.

Sekaran, U. (2011). Reasearch methotds for busines. Jakarta: Salemba Empat.

Sohib, Rachman, N., & Hufron, M. (2020). e-Journal Riset Manajemen Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Unisma. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Tempat Terhadap Kepuasan Pelanggan Cus-Cus Café Malang.

Tjiptono, F., & Diana, A. (2019). Kepuasaan Pelanggan: Konsep Pengukuran dan Strategi. Yogyakarta: Andy.

Windari, I. (2019). JOM FISIP. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Lokasi Usaha Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Smart Ganesha Pekanbaru.

Wulandari, F., Widwati, I., & Budiarto. (2017). Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi. Pengaruh Kualitas Produk, Kemudahan, dan Faktor Emosional Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus di Klinik Kopi Dusun Sinduharjo Kecamatan Ngaglik Kabupaten Sleman).

Zakaria, D. G. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 1-16




DOI: https://doi.org/10.24167/jemap.v6i2.9815

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN 2622-612X | View My Stats